Pertemuan Rutin DYK Cab. Kalimantan Barat Memperingati Hari Ibu

Pertemuan Rutin DYK Cab. Kalimantan Barat Memperingati Hari Ibu

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id Pertemuan rutin Dharmayukti Karini Cabang Kalimantan Barat bulan ini...

PTA Pontianak Selenggarakan Rakor dan Diskusi Hukum di Akhir Tahun

PTA Pontianak Selenggarakan Rakor dan Diskusi Hukum di Akhir Tahun

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Drs. H. Maslihan Saifurrozi,...

Rapat Penyusunan Jadwal Penarikan Dana Anggaran Tahun 2018

Rapat Penyusunan Jadwal Penarikan Dana Anggaran Tahun 2018

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Naffi, S.Ag,.MH. ...

Sosialisasi Anggaran DIPA Tahun 2018 dan Rencana Usulan Program Tahun 2019

Sosialisasi Anggaran DIPA Tahun 2018 dan Rencana Usulan Program Tahun 2019

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id Pengadilan Tinggi Agama Pontianak pada Selasa (12/12) pagi mengadakan...

Ketua PTA Pontianak Melepas Tim Tenis PTWP Daerah ke Bandung

Ketua PTA Pontianak Melepas Tim Tenis PTWP Daerah ke Bandung

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Drs. H. Maslihan Saifurrozi,...

  • Pertemuan Rutin DYK Cab. Kalimantan Barat Memperingati Hari Ibu

    Pertemuan Rutin DYK Cab. Kalimantan Barat Memperingati Hari Ibu

  • PTA Pontianak Selenggarakan Rakor dan Diskusi Hukum di Akhir Tahun

    PTA Pontianak Selenggarakan Rakor dan Diskusi Hukum di Akhir Tahun

  • Rapat Penyusunan Jadwal Penarikan Dana Anggaran Tahun 2018

    Rapat Penyusunan Jadwal Penarikan Dana Anggaran Tahun 2018

  • Sosialisasi Anggaran DIPA Tahun 2018 dan Rencana Usulan Program Tahun 2019

    Sosialisasi Anggaran DIPA Tahun 2018 dan Rencana Usulan Program Tahun 2019

  • Ketua PTA Pontianak Melepas Tim Tenis PTWP Daerah ke Bandung

    Ketua PTA Pontianak Melepas Tim Tenis PTWP Daerah ke Bandung

Fokus Peradilan

MEKANISME PENGAJUAN KEBERATAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI

A. Syarat dan Prosedur Pengajuan

     1. Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya.
     2. Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan sebagai berikut :

  • Adanya penolakan atas permohonan informasi;
  • Tidak disediakannya informasi yang wajib diumumkan secara berkala sebagaimana dimaksud dalam bagian II. A;
  • Tidak ditanggapinya permohonan informasi;
  • Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
  • Tidak dipenuhinya permohonan informasi;
  • Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
  • Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman ini.

B. Registrasi

     1. Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk diisi dan membantu pengisiannya jika diperlukan (Format Formulir Keberatan).
     2. Petugas Informasi langsung memberikan salinan formulir keberatan sebagai tanda terima pengajuan keberatan.
     3. Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam register Keberatan  dan meneruskannya kepada atasan PPID dengan tembusan kepada PPID dalam waktu selambatlambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan.

C. Tanggapan Atas Keberatan

    1. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang disampaikan kepada Petugas PPID dengan tembusan kepada PPID selambat-lambatnya dalam waktu 20 (dua puluh) hari sejak dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam register keberatan.
    2. Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat :

  • Tanggal pembuatan surat tanggapan atas keberatan;
  • Nomor surat tanggapan atas keberatan;
  • Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang berisi salah satu atau beberapa hal sebagai berikut :

        (i) Mendukung sikap atau putusan PPID disertai alasan dan pertimbangan yang jelas;
        (ii) Membatalkan putusan PPID dan/atau memerintahkan PPID untuk memberikan sebagian atau seluruh informasi yang diminta kepada Pemohon dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja;
        (iii) Memerintahkan PPID untuk menjalankan kewajibannya dalam memberikan pelayanan informasi sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat (empat belas) hari kerja;
        (iv) Menetapkan biaya yang wajar yang dapat dikenakan kepada pemohon informasi (Format Surat Tanggapan Atas Keberatan dalam Lampiran XI).

     3. Petugas Informasi menyampaikan atau mengirimkan keputusan Atasan PPID kepada Pemohon atau kuasanya selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) hari kerja sejak menerima tanggapan dari Atasan PPID dan ditembuskan ke PPID serta Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung.
     4. Pemohon yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan atasan PPID berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Informasi kepada Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID.