• Ketua PTA Pontianak Menghadiri Acara Malam Ramah Tamah Stakeholder Se Kalimantan Barat

    Ketua PTA Pontianak Menghadiri Acara Malam Ramah Tamah Stakeholder Se Kalimantan Barat

  • Ketua PTA Pontianak Menghadiri Acara Malam Ramah Tamah Stakeholder Se Kalimantan Barat

    Ketua PTA Pontianak Menghadiri Acara Malam Ramah Tamah Stakeholder Se Kalimantan Barat

  • Pegawai Honorer PTA Pontianak Tandatangani Kontrak Kinerja Tahun 2019

    Pegawai Honorer PTA Pontianak Tandatangani Kontrak Kinerja Tahun 2019

  • Pegawai Honorer PTA Pontianak Tandatangani Kontrak Kinerja Tahun 2019

    Pegawai Honorer PTA Pontianak Tandatangani Kontrak Kinerja Tahun 2019

  • Setelah PTA Pontianak, Giliran PA Pontianak Yang Mencanangkan Zona Integritas

    Setelah PTA Pontianak, Giliran PA Pontianak Yang Mencanangkan Zona Integritas

Fokus Peradilan

Kubu Raya | www.pta-pontianak.go.id

Kabupaten Kubu Raya kini telah memiliki Pengadilan Agama secara tetap dimana sebelumnya Pengadilan Agama Kubu Raya di Sungai Raya masih menginduk pada Pengadilan Agama Mempawah.

Hal tersebut ditandai dengan diresmikannya operasional Pengadilan Agama Kubu Raya di Sungai Raya, Jumat (16/11/2018.

"Sejak tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menyediakan tempat untuk Balai Sidang keliling dari Pengadilan Agama Mempawah. Dengan perjuangan yang keras, pada Oktober 2018, Pengadilan Agama Sungai Raya diresmikan oleh Mahkamah Agung," ujar, Wakil Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya Hj. Izzatun Tiyas Rohmatin, S.H.I, S.H., M.H

Ia menjelaskan Pengadilan Agama Kubu Raya di Sungai Raya dirintis oleh Bupati Kubu Raya, Rusman Ali dan Hermanus bersama Pengadilan Agama Mempawah sejak tahun 2015.

"Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2016 Pengadilan Agama Mempawah kemudian membuka layanan bagi pencari keadilan di Kubu Raya, dengan sistem pelayanan tidak tetap, yakni hanya melakukan pelayanan dan persidangan pada hari-hari tertentu. Dan hari ini Pengadilan Agama Sungai Raya sudah berdiri sendiri," ujarnya.

Menurutnya dengan semakin dekatnya pelayanan, maka biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk berperkara atau berhubungan dengan pengadilan menjadi lebih murah. Disamping itu, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan perkara pun menjadi lebih singkat.

"Dengan kemudahan-kemudahan yang diperoleh ini, bagi pengadilan sendiri akan sangat bermanfaat dalam mewujudkan sistem peradilan yang cepat, sederhana dan berbiaya ringan. Dengan dimulainya operasionalisasi ini, maka masyarakat Kabupaten Kubu Raya yang memerlukan jasa pelayanan atau menyelesaikan perkara di Pengadilan Agama tidak lagi harus mengajukan permohonan atau gugatan ke Pengadilan Agama Mempawah, melainkan cukup diajukan ke Pengadilan Agama Sungai Raya," ungkapnya.

Ia menyatakan bahwa peresmian pengadilan tersebut merupakan momentum penting dari perwujudan asas peradilan cepat, sederhana, dan biaya ringan.

Selain itu juga, kegiatan ini menurutnya merupakan bagian dari upaya untuk mempermudah akses masyarakat terhadap keadilan serta mendorong pemerataan ke daerah-daerah yang selama ini masih dianggap sebagai daerah terpencil.

"Kepada Bapak Bupati Kabupaten Kubu Raya dan jajarannya, kami menghaturkan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan Bapak memberikan izin menggunakan gedung ini sebagai pusat operasional Pengadilan Agama Sungai Raya. Semoga kedepan, kerjasama-kerjasama yang lainnya dapat dikembangkan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya dengan Pengadilan Agama Sungai Raya, seperti pelaksanaan sidang terpadu untuk menjamin terpenuhinya hak masyarakat atas identitas hukum, penguatan ketahanan keluarga dan lain sebagainya," tuturnya. (Tribunpontianak.co.id)

LAPORAN TAHUNAN TAHUN 2017

PENGADILAN TINGGI AGAMA PONTIANAK

RENCANA STRATEGIS TAHUN 2015-2019 REV. 5

PENGADILAN TINGGI AGAMA PONTIANAK

















Pengunjung Saat Ini

We have 73 guests and no members online

Statistik Pengunjung

186247
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
5211
5015
18695
137229
63380
107134
186247

Your IP: 54.234.114.202
Server Time: 2019-01-16 23:48:05